Senin, 17 Juni 2013

Latar Belakang Pendidikan KewargaNegaraan



LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

            Perjalanan  panjang sejarah Bangsa Indonesia yang dimulai sebelum masa penjajahan dan selama penjajahan, dilanjutkan dengan era memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda pada setiap zamannya. Semangat perjuangan Bangsa yang tak kenal menyerah telah terbukti pada perang kemerdekaan 17 Agustus 1945. Semangat perjuangan tersebut dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan  Yang  Maha Esa dan keikhlasan untuk berkorban demi kemerdekaan Bangsa tercinta.
            Nilai-nilai perjuangan Bangsa Indonesia dalam perjuangan fisik, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan telah mengalami pasang surut sesuai dengan dinamika kehidupan bermasyrakat berbangsa dan bernegara. Hal ini disebabkan antara lain oleh pengaruh globalisasi. Globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lemabaga-lembaga kemasyarakatan internasional, Negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan perpolitikan, perekonomian, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan global.
            Globalisasi yang juga ditandai oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang informasi, komunikasi dan transportasi membuat dunia menjadi transparan seolah-olah menjadi sebuah kampung tanpa mengenal batas. Negara pada akhirnya kondisi tersebut akan mempengaruhi kondisi mental spiritual Bangsa Indonesia yang telah melahirkan kemerdekaan di tanah air tercinta.
            Oleh karena perkambangan zaman yang sudah sangat tidak terkendali dimana cara penghindaran pun tidak bisa dilakukan karena perkembangan zaman juga merupakan kebutuhan dari masing-masing individu. Maka tindakan pencegahan atau pengurangan akibatnya pun dapat dilakukan yaitu dengan cara mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan pada tingkat sekolah maupun universitas. Untuk dapat menyadarkan para pemuda Bangsa Indonesia tentang betapa pentingnya semangat perjuangan para pahlawan yang telah membawa kemerdekaan ketanah air tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar